CATAT SEKARANG !!Berikut Deretan Bansos Cair Pada Bulan Oktober 2021, Berikut Daftarnya -->
HEALTH MAGAZINES INFORMATION https://www.magazineshealth.net/2021/10/catat-sekarang-berikut-deretan-bansos.html

CATAT SEKARANG !!Berikut Deretan Bansos Cair Pada Bulan Oktober 2021, Berikut Daftarnya

PLEASE WAIT !!

Pemerintah masih akan menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos bansos) pada bulan Oktober 2021 ini. Berikut daftar bansos yang akan cair pada Oktober 2021 dan cara mengeceknya. 

 


Bansos merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat miskin menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Bansos tersebut merupakan kelanjutan program bantuan sosial yang sudah disalurkan sejak tahun 2020. 

 

 Bansos yang cair pada bulan Oktober 2021 ini masih dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN PEN). Belum lama ini, pemerintah menaikkan anggaran program PEN dari Rp triliun menjadi Rp triliun. 

 

 Lalu, bansos apa saja yang akan cair pada bulan Oktober 2021 ini? Bagaimana cara cek penerima bansos pada Oktober 2021 ini? 

 Berikut daftar bansos pada bulan Oktober 2021 

 

 1. Kartu Sembako Bansos 

 

 Salah satu bansos yang masih disalurkan pada bulan Oktober 2021 adalah Kartu Sembako. Masyarakat yang terdaftar dalam penerima Kartu Sembako akan mendapat bantuan sosial berupa uang tunai sekitar Rp200.000 per bulan. 

 

 Untuk mendaftar menjadi penerima Kartu Sembako, masyarakat harus mendaftarkan diri sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM KPM) di Kementerian Sosial (Kemensos Kemensos). Nantinya dana tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga. 

 

 Baca juga Bukabsu.kemnaker.go.id, pemerintah perluas penerima bantuan subsidi upah/ gaji 

 2. PKH 

 

 Bansos lain yang akan cair pada bulan Oktober 2021 adalah Program Keluarga Harapan (PKH PKH). PKH adalah bantuan yang ditujukan untuk ibu hamil hingga anak sekolah. Bansos PKH berupa uang tunai dan sembako. Besaran bantuan PKH akan disesuaikan dengan anggota keluarga penerima. Pemerintah sendiri telah menganggarkan Rp triliun untuk 10 juta KPM. 

 

 Melalui PKH, keluarga yang memiliki ibu hamil/ balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun. Sementara keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp900.000 per tahun, anak SMP Rp juta per tahun, dan anak SMA Rp 2 juta per tahun. 

 

 Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/ lansia, maka bantuan sosial/ bansos PKH pada bulan Oktober 2021 yang berhak diterima adalah Rp juta. Jika keluarga memiliki 2 orang anak SD, maka bantuan sosial/ bansos PKH pada bulan Oktober 2021 yang diberikan menjadi dobel, yakni Rp900.000 ditambah Rp900.000 per tahun. Artinya, keluarga tersebut mendapat dana tunai Rp juta per tahun. 

 

 3. Bantuan Subsidi Upah 

 

 Selanjutnya, bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2021 adalah bantuan subsidi upah (BSU BSU). Pemerintah memberikan bantuan subsidi gaji (BSU BSU) Rp 1 juta kepada pekerja dengan gaji maksimum Rp juta. 

 

 Jika pekerja di wilayah PPKM yang UMK-nya di atas Rp juta, maka menggunakan UMK sebagai batas kriteria upah. Bantuan subsidi upah ini bakal terus cair di bulan Oktober. 

 

 Ada beberapa kriteria yang sudah ditentukan pemerintah agar pekerja layak mendapat BSU. Salah satu kriterianya adalah memiliki nomor rekening aktif yang tercantum dalam data BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, pekerja yang mendapat BSU adalah pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Naker hingga Juni 2021. 

 

 4. Bantuan Kuota Internet 

 

 Bansos lain yang akan cair pada bulan Oktober 2021 adalah bantuan kuota internet. Bantuan diberikan untuk murid, mahasiswa, hingga exponent atau dosen. 

 

 Mendikbudristek Nadiem Makarim sempat menyebut, bantuan ini dicairkan pada tanggal 11-15 tiap bulan hingga Desember 2021. Mekanisme pencairannya adalah sebulan sekali selama 3 bulan di tiap tanggal 11-15 bulan tersebut. 

 

 Bantuan kuota internet akan menyasar pada juta siswa, mahasiswa, dan exponent/ dosen dengan total anggaran Rp triliun. Besaran kuota internet yang didapat bervariasi sesuai jenjang pendidikan. Untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB, peserta didik SD-SMA sebesar 10 GB, pendidik Paud-SMA 12 GB, dan mahasiswa/ dosen 15 GB per bulan. 

 

 5. UKT 

 

 Kemudian, bantuan sosial/ bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2021 adalah bantuan uang kuliah tunggal (UKT UKT). Bantuan UKT yang cair pada Oktober 2021 sebesar Rp juta. 

 

 Bansos UKT diberikan kepada para mahasiswa aktif semester III, semester V, dan semester VII yang membutuhkan. Bantuan pun akan diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan dan bukan penerima bantuan lainnya, seperti KIP Kuliah maupun Bidikmisi. 

 

 Jika biaya kuliah lebih besar dari Rp juta, maka selisih UKT dengan batas maksimal Rp juta menjadi kebijakan perguruan tinggi sesuai kondisi mahasiswa. Bantuan UKT ini menyasar310.508 mahasiswa dengan total anggaran Rp miliar. Target penerima bantuan adalah 74 persen mahasiswa aktif dari419.605 orang yang belum menerima bantuan lain. 

 

 6. Diskon listrik 

 

 Diskon listrik juga termasuk bantuan sosial/ bansos yang kembali cair pada bulan Oktober 2021. Hal ini mengingat insentif listrik ini diperpanjang sampai bulan Desember 2021. 

 

 Semula, diskon listrik ini bakal berakhir pada bulan September 2021. Encouragement yang diberikan sampai akhir tahun ini meliputi diskon tarif listrik, dan pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen. Pemerintah menyiapkan tambahan anggaran sebesar Rp triliun untuk bantuan diskon listrik tersebut. 

 

 Dengan demikian, anggaran diskon listrik naik dari Rp triliun menjadi Rp triliun. " Untuk pelanggan yang 450 VA dan 900 VA, kita akan perpanjang hingga Desember 2021, dengan diskon 50 persen (450 450 VA) dan 25 persen (900 900 VA), " ujar Sri Mulyani beberapa waktu lalu. 

 

 7. Kartu Prakerja 

 

 Bantuan sosial/ bansos lain yang bakal hadir di bulan Oktober 2021 adalah Kartu Prakerja. Pemerintah akan membuka pendaftaran gelombang selanjutnya, yakni gelombang ke-22 Kartu Prakerja. Hingga September 2021, pendaftaran baru sampai gelombang ke-21. 

 

 Gelombang ke-22 ini adalah gelombang tambahan menunggu kepesertaan yang dicabut dari gelombang sebelumnya. Peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp juta. 

 

 Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp50.000 untuk tiga kali. 

 

 Cara cek penerima bansos 

 

 Bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2021 ini disalurkan oleh berbagai pihak. Penyalur bansos Oktober 2021 antara lain Kementerian Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan, dan PLN. 

 

 Berikut cara cek penerima bansos yang disalurkan oleh Kemensos seperti PKH. 

 

 Cara cek penerima bansos dicekbansos.kemensos.go.id 

 

 Kunjungi website http//cekbansos.kemensos.go.id 

 Setelah itu pilih provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, dan desa tempat Anda tinggal 

. Ketikkan nama penerima manfaat Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode Jika tidak jelas huruf kode, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru 

. Lalu klik tombol " Cari Data ". Sistem akan mencocokan nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM KPM) dan wilayah yang diinput serta membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos. 

 Cara cek penerima bansos via aplikasi Cek Bansos 

 

 Unduh " Aplikasi Cek Bansos " melalui PlayStore. 

 Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari Kemensos 

 Lakukan registrasi menggunakan druggie ID yang telah diverfikasi oleh admin Kemensos. 

 Siapkan Nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP saat melakukan registrasi. Menurut penelusuranKompas.com, aplikasi akan meminta foto KTP dan selfie dengan KTP saat registrasi. 

 Setelah mendaftar isi kode OTP yang dikirimkan ke letter Anda. Lalu Anda akan diminta menunggu data-data tersebut diverifikasi oleh petugas. 

 Setelah diverifikasi, Anda dapat mengakses menu pada Aplikasi Cek Bansos. 

 Pilih menu Cek Bansos. 

 Masukkan data dan pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan kelurahan/ desa tempat Anda tinggal. K emudian, Anda akan diarahkan ke laman hasil pencarian penerima manfaat. 

 Cara cek penerima bansos diskon listrik via aplikasi PLN mobile 

 

 Buka Aplikasi PLN Mobile 

 Pilih Menu Info Motivation 

 Masukan ID Pelanggan/ Nomor Meter, selanjutnya klik kirim 

. Cek penerima bansos diskon listrik via website PLN 

 

 Buka website https//portal.pln.co.id 

 Klik " Diskon Motivation Covid-19 " 

 Masukkan nomor ID Pelanggan PLN dan kode/ captcha/ dan klik " Cari " 

 Itulah beragam bansos yang akan cair pada bulan Oktober 2021 dan cara cek penerima bantuan sosial tersebut. Semoga Anda salah satu penerima bansos Oktober 2021 

Sumber : kontan.co.id

Share this post:

0 Comments

Please read our Comment Policy before commenting. ??

Tulis Reken1ng dan Jawabanya disini
Contoh :
REKEN!NG 3445556XXXXX - BRI - MECCA MAULAVIA AZZA
JAWABANYA : BRImo

Middle Ad (Post Only)

About Me

Search

Notification