BANSOS Sekolah KIP / PIP Cair November 2021 Ini, Catat Informasinya Selengkapnya Disini -->
HEALTH MAGAZINES INFORMATION http://www.magazineshealth.net/2021/11/bansos-sekolah-kip-pip-cair-november.html

BANSOS Sekolah KIP / PIP Cair November 2021 Ini, Catat Informasinya Selengkapnya Disini

PLEASE WAIT !!

 Masyarakat kurang mampu yang masuk dalam kategori anak sekolah yakni siswa SD, SMP, dan SMA, berkesempatan untuk mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) periode November 2021. 

 

 Masyarakat atau siswa SD, SMP, dan SMA yang ingin mendapatkan BLT anak sekolah November 2021, harus daftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). 





Pasalnya, Kemensos hanya akan menyalurkan BLT anak sekolah November 2021 kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang datanya sudah tercatat valid dalam DTKS. 

 

 Sebagaimana diketahui, BLT anak sekolah untu siswa SD, SMP, dan SMA merupakan salah satu kategori yang termasuk dalam bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). 



Hingga kini, bantuan PKH masih terus disalurkan oleh Kemensos salah satunya untuk kategori anak sekolah. 

 

 Bahkan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini meminta agar Himpunan Bank Negara (Himbara) yang menyalurkan bantuan PKH dan Kartu Sembako agar bisa mempercepat penyaluran yang masih tertunda. 


Risma meminta agar bansos PKH dalam waktu 2-3 hari bisa dicairkan dan warga penerima dikumpulkan dan diserahkan secara tunai. Kalau masih menunggu lagi ditambah dengan bantuan di bulan November akan bertambah besar. 

 

 Saya minta pencarian PKH dan BPNT/ Kartu Sembako segera cair, warga dijemput dan dikumpulkan di suatu tempat. Tidak ada alasan geografis tapi cari solusi jangan dibiarkan agar warga bisa segera menikmati bantuan,” katanya seperti dikutipPikiranrakyat-depok.com dari Antara. 


Lantas bagaimana cara daftar DTKS Kemensos agar bisa mendapatkan BLT anak sekolah? 

 

 Seperti diketahui, pada skema pendaftaran sebelumnya, masyarakat hanya bisa daftar DTKS Kemensos secara langsung dengan mendatangi kelurahan setempat. 

Namun saat ini, cara daftar DTKS Kemensos untuk mendapatkan BLT anak sekolah dapat dilakukan dengan mudah secara online menggunakan HP. 


Perlu diketahui bahwa bansos sekolah ii total keseluruhanya senilai Rp4, 4 juta.

Pemerintah pada November 2021 untuk siswa SD, SMP, SMA, yang sebelumnya sudah daftar BLT anak sekolah dan telah memenuhi syarat untuk mendapaktan bansos ini. 

 

 Lantas apa saja syarat daftar BLT anak sekolah 2021 agar layak dapatkan bansos total  Rp4 juta ini ? 


Syarat-syarat daftar BLT anak sekolah 2021 


 
Ada 5 syarat untuk mendaftar BLT anak sekolah 2021 ini yang meliputi 2 syarat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos, dan 3 syarat khusus. 
 
 Untuk syarat DTKS Kemensos daftar BLT anak sekolah 2021, yaitu.


  1. Siswa SD, SMP, SMA calon penerima BLT anak sekolah 2021 Rp4, juta adalah masyarakat yang terdampak Covid-19.  
  2. Siswa SD, SMP, SMA calon penerima BLT anak sekolah 2021 Rp4, juta adalah masyarakat yang tergolong miskin/ rentan miskin. 
 
 Lalu, untuk syarat khusus dapat BLT anak sekolah 2021, antara lain :


  1. Siswa SD, SMP, SMA calon penerima BLT anak sekolah 2021 telah terdaftar di lembaga pendidikan formal ataunon-formal sesuai daerah masing-masing. 
  2. Siswa SD, SMP, SMA penerima BLT anak sekolah 2021 Rp4, juta memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).  
  3. Siswa SD, SMP, SMA yang sudah memiliki kartu KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga pendidikan. 
 

 Tahapan cara daftar BLT anak sekolah 2021 di DTKS Kemensos 

 
 
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sebagai bagian dari bansos PKH, maka cara daftar BLT anak sekolah 2021 wajib mengikuti ketentuan Kemensos. 

 
 Masyarakat yang ingin daftar BLT anak sekolah harus melakukan pendaftaran DTKS Kemensos yang dapat dilakukan secara offline dan online. 
 
 Untuk tahapan cara daftar offline DTKS Kemensos, ikuti langkah berikut ini 


  • Orang tua siswa menyiapkan KTP dan KK, lalu datang ke kantor desa/ kelurahan setempat dan mendaftar DTKS Kemensos. 
  • Data pendaftar baru akan dimusyawarahkan oleh pihak desa/ kelurahan guna menetapkan kelayakan masuk DTKS Kemensos. 
  • Hasilnya akan dimuat dalam berita acara yang ditandatangani oleh kepala desa/ lurah dan perangkat desa lainnya. 
  • Dinas Sosial selanjutnya akan menggunakan berita acara untuk diverifikasi dan divalidasi datanya dengan instrumen lengkap melalui kunjungan rumah tangga. 
  • Kemudian, data yang telah diverifikasi dan validasi akan diinput di aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh driver desa/ kecamatan. 
  • Apabila data telah diinput di SIKS, Dinas Sosial akan memproses guna memverifikasi dan memvalidasi dan dilaporkan ke bupati/ wali kota. 
  • Setelah itu, bupati/ wali kota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi data yang telah disahkan kepada gubernur, dan diteruskan kepada menteri. 
  • Jika data telah lengkap, akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan, dan kantor wali kota/ kabupaten. 
  • Terakhir, akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dan rekening bank. 
  • Lalu, untuk tahapan cara daftar online BLT anak sekolah 2021, dapat dilakukan orang tua siswa pada sesi pengusulan diri di DTKS Kemensos. 
 
 Meski Kemensos menyediakan cara usul mandiri DTKS Kemensos, pemerintah daerah tetap bisa membantu masyarakat untuk melakukan pengusulan. 
 
 
 Akan tetapi, jika masyarakat ingin lakukan pengusulan mandiri di DTKS Kemensos, berikut tahapannya 

  1. Siapkan HP dan KTP. 
  2. Masuk di Play Store, lalu download dan instal aplikasi Cek Bansos. 
  3. Jika sudah masuk di aplikasi Cek Bansos, pilih menu daftar usulan untuk daftar diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos agar bisa dapatkan bansos PKH. 
  4. Setelah itu, pilih tambah usulan dan sistem secara otomatis mencocokkan nama, data NIK, data KK, status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos. 
  5. Terakhir, pilih bansos PKH Kemensos. 
 
 Apabila telah terdaftar di DTKS Kemensos, masyarakat sudah tergolong sebagai keluarga penerima manfaat (KPM) yang berhak mendapatkan BLT anak sekolah 2021. 

 
 Selanjutnya, masyarakat dapat cek status penerimaan BLT anak sekolah 2021 agar melakukan pencairan. 
 

 
 Bagi masyarakat yang sudah daftar BLT anak sekolah 2021, segera cek status pencairan pada bulan November 2021, dengan cara berikut. 
 
-Siapkan HP. 
 
-Siapkan KTP. 
 
-Masuk ke situscekbansos.kemensos.go.id. 
 
-Jika sudah masuk dicekbansos.kemensos.go.id, pilih provinsi, kabupaten/ kota, kecamatan, dan desa. 
 
 Baca Juga Lama Tak Terlihat di Televisi, Paramitha Rusady Mulai Pilih-pilih Peran Film 
-Lalu, lengkapi data diri sesuai KTP. 
 
-Setelah itu, masukkan 8 huruf kode yang tertera dalam kotak kode. 
 
-Jika huruf kode tidak jelas, klik kotak kode tersebut untuk mendapatkan kode baru. 
 
-Lalu klik tombol cari, dan sistem akan mencocokan data keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang meliputi nama dan wilayah yang diinput, kemudian membandingkan dengan nama yang ada dalam database Kemensos 


 Adapun siswa SD, SMP, SMA yang dinyatakan layak mendapatkan BLT anak sekolah 2021, dana bansos Rp4, juta akan dicairkan melalui bank-bank himbara yang sudah ditetapkan. 
 
 Dari total bansos Rp4, juta, siswa akan dapatkan BLT anak sekolah 2021 masing-masing 
  •  Rp2 juta untuk siswa SMA. 
 
  • Rp1, juta untuk siswa SMP.  

  • Rp900.000 untuk siswa SD. 

Share this post:

0 Comments

Please read our Comment Policy before commenting. ??

Tulis Reken1ng dan Jawabanya disini
Contoh :
REKEN!NG 3445556XXXXX - BRI - MECCA MAULAVIA AZZA
JAWABANYA : BRImo

Middle Ad (Post Only)

About Me

Search

Notification